Selasa, 12 November 2013

S.E.N.Y.U.M

KEEP SMILE :) 
      
تَبَسُّمُك فِيْ وَجْه أَخِيْك صَدَقَة


#  Senyumu dihadapan saudaramu adalah shodaqoh  #



Bagaiman kita membuat hal-hal sulit agar berlalu lebih cepat?
Caranya, tetap berada di momen kini. Ketika kita bermeditasi, kita tetap berada dalam momen kini, kita tidak merisaukan masa depan. Bertahan seperti ini sangatlah mudah, namun masih belum cukup.
Kunci keberhasilan meditasi adalah menaruh sukacita dalam meditasi. Itulah sebabnya kepada orang-orang yang mulai bermeditasi, saya minta mereka sadar akan tubuh mereka,sadar akan mulut mereka, lalu naikkan ujungnya.

 Ya, senyumlah sedikit. 

Nah,meditasi akan jadi lebih mudah.

Saya mengetahui hal ini pertama kali ketika saya mahasiswa. Saya bukan tipe pelajar olahragawan. Bagi saya, olahraga itu menyenangkan, sampai beberapa orang mulai jadi terlaluserius menanggapi olahraga, dan saya tak pernah bisa mengerti kenapa mereka demikian. Namun, suatu hari, saya ada dalam perahu, di tengah sungai, bersama delapan pria lain, satu orang pengatur tempo dan tujuh pendayung. Kami sedang dalam balap perahu. Dan astaga, begitu jauh kami harus mengayuh! Ketika barusetengah jarak tempuh, saya tidak tahan lagi. Saya tak punya sisa tenaga lagi untuk mengayuh dayung ini.

Pada saat itu, jika andapernah melihat balap perahu, selalu ada pelatih yang naik sepeda di jalanan ditepi sungai. 
Pelatih saya meneriaki saya dari tepian,

 “kamu bikin wajahmu jadi jelek amat sih?
 Senyum!”

Mungkin saya memangmembuat wajah yang jelek. Kadang ketika kita bangkit dari meditasi, sebagiandari kita pun membuat wajah yang jelek-cukup untuk membuat guru kita jadikesal. Tapi pelatih saya bilang,

 ”Senyum!
 Nyengir!”

Setidaknya saat itu saya masih muda, saya cukup lunak dan terbuka untuk menerima saran. Jadi saya melakukannya, saya tersenyum, nyengir, dan segera dayaung punjadi lebih mudahdikayuh. Saya mendapat lebih banyak tenaga. Semuanya jadi lebih baik.

Para pelatih tahu trikini, tapi tahukah anda bahwa trik ini bisa kita gunakan sendiri dalam hidupkita?
 Jika hidup kita menjadi sulit, bubuhkan suka cita dan kesenangan dalam hidup anda. Jika anda bisa menaruh senyum di dalamnya, hidup akan menjadi lebihbaik.

Sumber: Buku “Si Cacingdan Kotoran Kesayangannya 2!” karangan Ajahn Brahm
#Nusaibah

0 komentar:

Posting Komentar